Sejarah Perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia.
VISI & MISI
Visi :
DESAIN PRODUK
Perusahaan Perseroan
(Persero) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (“TELKOM”, ”Perseroan”,
“Perusahaan”, atau “Kami”) merupakan Badan Usaha Milik Negara dan penyedia
layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan
layanan InfoComm, telepon kabel tidak bergerak (fixed wireline) dan telepon
nirkabel tidak bergerak (fixed wireless), layangan telepon seluler, data dan
internet, serta jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui
anak perusahaan.
Untuk menjawab
tantangan yang terus berkembang di industri telekomunikasi dalam negeri maupun
di tingkat global, kami bertekad melakukan transformasi secara fundamental dan
menyeluruh di seluruh lini bisnis yang mencakup transformasi bisnis dan
portofolio, transformasi infrastruktur dan sistem, transformasi organisasi dan
sumber daya manusia serta transformasi budaya. Pelaksanaan transformasi ini
dilakukan dalam rangka mendukung upaya diversifikasi bisnis TELKOM dari
ketergantungan pada portofolio bisnis Legacy yang terkait dengan
telekomunikasi, yakni layanan telepon tidak bergerak (Fixed), layanan telepon
seluler (Mobile), dan Multimedia (FMM), menjadi portofolio TIME. Konsistensi
kami dalam berinovasi telah berhasil memposisikan Perusahaan sebagai salah satu
perusahaan yang berdaya saing tinggi dan unggul dalam bisnis New Wave.
VISI & MISI
- Menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media dan Edutainment (TIME) di kawasan regional.
Misi :
- Menyediakan layanan TIME yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
- Menjaga model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
Telkom
melakukan perubahan dikarenakan harus menyesuaikan dengan kondisi lingkungan
yang ada, baik lingkungan Makro maupun Mikro. Perkembangan teknologi dan
ketatnya persaingan industri teknologi komunikasi dan informasi di indonesia
juga mendorong untuk melakukan perubahan. Potensi pasar dan pengguna di bisnis
ini memang masih sangat besar. Namun itu juga harus bersaing dengan kompetitor
lain dari merebutkan pasar dan pelanggan.
Perubahan
bisnis Telkom menyeluruh dan terintegrasi yang melibatkan empat aspek dasar
perusahaan. Yakni, transformasi bisnis, infrastruktur, sistem dan model
operasi, serta transformasi sumber daya manusia yang menjadi pertanyaan Apakah
Telkom sudah siap dengan perubahan itu ? Kebijakan manajerial dan
Strategik (Telkom ways) Budaya Organisasi, Perkembangan Teknologi.
Apalagi dengan perkembangan new wave era (web 2.0) dan destructive
Technology yang menyebabkan suatu tren cepatnya suatu laju untuk
mengalami perubahan jika tidak ingin tertinggal dan kalah bersaing dengan yang
lain.
Yang
penting dalam melakukan transformasi bisnis ini yang tetap jadi patokan adalah
pelanggan. Seperti yang diketahui perusahaan ini bergerak di bidang jasa
teknologi, komunikasi dan informasi maka yang menjadi tujuan utama dari
perusahaan adalah pencapaian kepuasaan pelanggan. Dalam bidang jasa kepuasan
pelanggan sangat menentukan. Sekali pelanggan dikecewakan, maka persepsi dan
citra suatu produk di mata pelanggan akan berkurang.
NAMA MEREK
1. Broadband
SPEEDY adalah merupakan
layanan broadband akses internet dari Telkom Indonesia berkualitas tinggi bagi
perumahan serta SME (Small Medium Enterprise).
Speedy
menggunakan teknologi ADSL (Asymmetric Digital Line Subscriber), MSAN (Multi
Service Access Node), dan GPON (Gigabit Passive Optical Network), yang
menghantarkan sinyal digital berkecepatan tinggi melalui jaringan telefoni
secara optimal bagi keperluan konsumsi konten internet, dengan kecepatan data
dari 384 kbps hingga 100 Mbps. Tetapi tidak menutup kemungkinan penggunaan
teknologi baru lain yang lebih baik/terbaru.
Saat ini Telkom menyediakan 3 (tiga) jenis layanan Speedy:
a)
Speedy Reguler
merupakan produk layanan
internet broadband yang diperuntukkan bagi pelanggan perumahan (family) atau
personal yang hanya membutuhkan akses internet standar misalnya untuk keperluan
browsing, chatting, gaming, download email, dan lain-lain. Speedy Reguler
ditawarkan dalam paket berlangganan dengan kecepatan mulai dari 384 kbps – 100
Mbps, tergantung kondisi jaringan setempat.
b)
Speedy Instan
merupakan produk yang
diluncurkan oleh TELKOM sebagai salah satu upaya untuk menyediakan layanan
broadband yang siap pakai oleh pelanggan (Pay as you use). Pelanggan yang belum
berlangganan paket Speedy Reguler dapat menggunakan layanan broadband dengan
cara membeli paket harian baik prepaid maupun postpaid.
c)
Speedy Gold
merupakan produk layanan internet broadband yang diperuntukkan bagi pelanggan SME (Small Medium Enterprise) yang membutuhkan layanan internet untuk keperluan bisnis, misalnya mail server kecil, web server pribadi, warnet dll. Speedy Gold ditawarkan dalam paket berlanggan dengan kecepatan mulai 512 kbps – 100 Mbps.
Mobile
Telkomsel
didirikan pada tahun 1995 sebagai wujud semangat inovasi untuk mengembangkan
telekomunikasi Indonesia yang terdepan. Untuk mencapai visi tersebut, Telkomsel
terus memacu pertumbuhan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru Indonesia
secara pesat sekaligus memberdayakan masyarakat. Telkomsel menjadi pelopor
untuk berbagai teknologi telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk yang
pertama meluncurkan layanan roaming internasional dan layanan 3G di Indonesia.
Telkomsel merupakan operator yang pertama kali melakukan ujicoba teknologi
jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor penggunaan
energi terbarukan untuk menara-menara Base Transceiver Station (BTS).
Keunggulan produk dan layanannya menjadikan Telkomsel sebagai pilihan utama
pelanggan di seluruh Indonesia.
Phone
PT. TELKOM Indonesia Tbk.
sebagai sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang
menyediakan layanan baru dengan teknologi terkini yaitu CDMA (Code Division
Multiple Access). CDMA adalah teknologi akses voice dan data, dimana setiap
user menggunakan code tersendiri yang unik dalam mengakses kanal frekuensi yang
sama dalam sebuah sistem. Para pakar teknologi telepon seluler sepakat bahwa
kecanggihan CDMA jauh melebihi GSM yang sekarang ini banyak dipergunakan oleh operator
telepon seluler di Indonesia. Para pelaku bisnis telepon seluler (hand phone)
memperkirakan bahwa “TELKOMFlexi” mendapat sambutan positif masyarakat
mengingat tarifnya jauh berada dibawah GSM karena biaya investasinya sangat
murah. Tentu saja, kehadiran “TELKOMFlexi” membuat lega calon pelanggan telepon
yang sudah lama mendambakan telepon hemat maupun pelanggan ponsel yang
mendambakan telepon seluler alternatif.
Usee TV Cable
UseeTV
Cable merupakan layanan IPTV pertama di Indonesia. Layanan TV berbayar yang
memberikan pengalaman baru, Anda tidak hanya sekadar menonton TV, tapi juga
dapat memegang kendali seakan Anda sutradaranya. Selain memberikan tayangan
yang berkualitas, UseeTV Cable juga memberikan berbagai macam fitur yang tidak
ada di penyedia layanan kabel lainnya, seperti Pause & Rewind TV, Video on
Demand, Video Recorder dan lainnya.
POSISI PRODUK
PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) pada
Kuartal III-2009 masih menempati posisi sebagai market leader di berbagai portofolio
bisnis layanan telekomunikasi. Untuk layanan telepon tetap (fixed line), Telkom
masih menguasai pangsa pasar (market share), termasuk di dalamnya layanan Flexi
yang menguasai lebih dari 55% pangsa pasar layanan fixed wireless access dan
layanan seluler Telkomsel yang menguasai lebih dari 50% pangsa pasar seluler.
Sementara itu di segmen selular, Telkomsel hingga
hari ini masih menjadi market leader dengan jumlah pelanggan mencapai hampir 80
juta atau tumbuh sebesar 32%. Seperti halnya Flexi, pertumbuhan Telkomsel antara
lain dipacu dengan coverage terluas yakni mencapai 29.781 BTS atau penambahan sebesar
19% dibandingkan kuartal III-2009.
Di sisi lain, layanan broadband Speedy yang
merupakan salah satu new wave bisnis Telkom juga memperlihatkan pertumbuhan
yang sangat menggembirakan. Dipacu oleh kebutuhan masyarakatakan internet,
penambahan serta perbaikan infrastruktur Speedy, pada kuartal III-2009
pelanggan Speedy telah mendekati angka 1 juta pelanggan.
STRATEGI IKLAN
Sebagai dari strategi bisnis Perseroan
untuk memberikan layanan kepada pelanggan, sejak tahun 2013 PT. Telkom telah
melakukan perubahan pendekatan segmen usaha dari berbasis produk menjadi
berbasis pelanggan. Dampak dari perubahan penyajian informasi segmen yaitu dari
segmen sambungan kabel tidak bergerak, sambungan nirkabel tidak bergerak
seluler dan lain-lain menjadi segmen korporat, perumahan dan perorangan dan
lain-lain.
PT.
Telkom memiliki empat segmen operasi utama yang dijelaskan lebih rinci sebagai
berikut :
a) Segmen
korporat menyediakan jasa telekomunikasi di antaranya interkoneksi sirkit
langganan, satelit VSAT, contact center, broadband access, usaha layanan
informasi teknologi serta data dan internet kepada perusahaan dan institusi.
b) Segmen
perumahan menyediakan jasa telekomunikasi tidak bergerak, TV berlangganan serta
data dan internet kepada pelangga perumahan.
c) Segmen
perorangan menyediakan jasa telekomunikasi seluler bergerak dan sambungan
nirkabel tidak bergerak kepada pelanggan perorangan.
d)
Segmen
lain-lain menyediakan jasa pengelolaan gedung.
PT. Telkom menggunakan kerangka paradox
marketing dalam rangka mengelola pemasaran yang dijelaskan di
bawah ini:
Pada kerangka paradox marketing tersebut
konsep more for less mendasari value proposition dari produk dan layanan yang
ditawarkan kepada pelanggan. Pelanggan mendapatkan manfaat lebih yang relevan
dengan biaya yang lebih hemat, disesuaikan dengan persyaratan pelanggan
terhadap masing-masing produk.
Pada segmen consumer, khususnya segmen
home telah dikembangkan layanan indihome sebagai salah satu inovasi PT. Telkom
pelanggan. Indihome merupakan layanan TIMES yang terpadu dengan harga satuan
yang lebih hemat karena mengoptimalkan sinergi Telkom Group, lingkup layanan
meliputi akses internet broadband, telepon, IPTV (dengan brand UseeTV) dan home
automation.
PT. Telkom menerapkan srtategi
pemasaran yang konprehensif untuk memperkuat merek dagang serta meningkatkan
penjualan perusahaan termasuk melalui aktivitas komunikasi pemasaran serta
pengembangan jaringan distribusi produk dan layanan. Outlet plasa Telkom
merupakan salah satu saluran distribusi utama produk dan layanannya, disamping
beberapa jaringan distribusi layanan yang dimiliki.
PROMOSI PENJUALAN
Promosi yang dilakukan
oleh Telkomsel dari tahun ketahun adalah Telkomsel Poin. Dimana para pelanggan
bisa mendapatkan poin dari setiap penggunaan produk Telkomsel lalu para
pelanggan bisa menukarkan dengan hadiah yang telah ditentukan atau dapat
mengikuti undian yang berkesempatan mendapatkan lebih besar lagi, tidak hanya
itu Telkomsel juga bekerja sama dengan pemerintahan dengan memperbanyak titik
Wi-Fi di seluruh kota agar para pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan akses.
DISTRIBUSI PRODUK
PT Telkom memiliki
banyak saluran distribusi salah satunya adalah plasa telkomsel dan GraPARI,
yaitu outlet/lokasi berfungsi sebagai walk-in costumer service point. Dimana
pelanggan dapat mengakses seluruh produk dan layanan dari Telkom. GraPARI
dikhususkan untuk layanan seluler yang dikelola oleh Telkomsel selain itu
outlet seluler untuk skala kecil dengan nama GeraHALO dikelola oleh pihak
ketiga.
LAYANAN PRODUK
Telkom Group adalah satu-satunya BUMN
telekomunikasi serta penyelenggara layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar
di Indonesia. Telkom Group melayani jutaan pelanggan di seluruh Indonesia
dengan rangkaian lengkap layanan telekomunikasi yang mencakup sambungan telepon
kabel tidak bergerak dan telepon nirkabel tidak bergerak, komunikasi seluler,
layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data.
Telkom Group juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi, media dan
edutainment, termasuk cloud-based and
server-based managed services, layanan e-Payment
dan IT enabler, e-Commerce dan
layanan portal lainnya.
PT. Telkom memiliki bidang usaha atau
produk yang bermacam-macam untuk memenuhi kebutuhan konsumen dibidang komunikasi.
PT Telkom juga selalu berinovasi pada produk nya mengikuti era global saat ini
Dalam melayani konsumen PT.Telkom membedakan konsumenya menjadi dua jenis yaitu
pelanggan personal dan pelanggan korporat.
Pada saat ini PT. Telkom dituntut untuk meningkatkan
pelayanan akan sarana dan pasarana telekomunikasi yang diperlukan oleh
masyarakat khusus nya konsumen atau pelanggang jasa Telkom. Khusunya pada unit customer care center, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
informasi dan komunikasi pada saat
ini telah melahirkan suatu persaingan yang sangat kompetitif antar negara. Hal
ini tentu saja menuntut kemampuan manajemen pelayanan untuk memberikan system
informasi yang cepat, tepat dan akurat kepada konsumen atau pelanggan.
Pelayanan adalah aktivitas tambahan di
luar tugas pokok (job description) yang diberikan kepada
konsumen-pelanggan, nasabah, dan sebagainya-serta
dirasakan baik sebagai penghargaan maupun penghormatan.
Sebagai salah satu sarana komunakasi yang banyak dipergunakan
maka PT. Telkom diharapkan mampu untuk selalu konsisten pada perananya ,
terutama pelayanan customer care center
dalam upaya memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen atau pelanggan.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar