Langsung ke konten utama

5 Alternatif Pemasaran Global Menurut Keegan

Lima alternatif strategi dalam pemasaran global yang dikemukakan oleh Keegan (1999) yang meliputi :

1. Strategi perluasan langsung. Dalam strategi ini, perusahaan tidak melakukan sesuatu yang baru atau sama sekali tidak mengubah produk yang sudah dijualnya di pasar domestik, dan memasarkannya ke pasar asing dengan cara promosi yang juga sudah diterapkan di pasar domestic sebelumnya. Strategi ini akan cocok untuk produk-produk seperti kamera dan peralatan elektronika.

2. Alternatif strategi kedua adalah adaptasi produk, yaitu strategi perusahaan melakukan perubahan pada produk sesuai pasar yang dituju. Promosi tidak banyak diubah, bahkan terkadang tidak diubah sama sekali. Hal ini telah dilakukan oleh McDonalds dan Kentucky Fried Chicken (KFC). McDonalds mencontohkan dengan mengembangkan produk McRendang, demikian pula KFC memasukan nasi sebagai salah menunya.

3. Alternatif strategi ketiga adalah strategi produk baru. Strategi ini terbagi atas dua jenis : backward invention, yaitu strategi dengan memperkenalkan produk baru di pasar yang baru dituju namun dengan memperkenalkan produk yang sudah lama dikenal di pasar domestic sebelumnya. Forward invention, yaitu strategi di mana perusahaan benar-benar memperkenalkan produk baru untuk memenuhi permintaan pasar baru. 

4. Alternatif strategi keempat adalah adaptasi komunikasi, yaitu strategi yang dilakukan perusahaan dengan menyesuaikan promosi sesuai kondisi pasar yang dituju.

5. Alternatif kelima adalah strategi adaptasi ganda, yaitu perusahaan melakukan penyesuaian antara produk dan promosinya sesuai dengan pasar yang dituju. 


Pemilihan kelima strategi tersebut perlu didasarkan kepada tujuh faktor kunci yang perlu dipertimbangkan, yaitu aspek standardisasi/kustomisasi, aspek hukum, aspek ekonomi, tingkat pendapatan masyarakat, aspek pasar sasaran, aspek budaya, dan aspek persaingan.




Strategi Pemasaran Global Di Pasar Indonesia

Studi Kasus : Pecel Lele Lela (UKM)

Strategi marketing tak boleh diceraikan dari kualitas produk. Produk yang menarik tentu saja menjadi daya tarik bagi para konsumen. Salah satu yang diterapkan oleh Pecel Lele Lela pada pecel lelenya adalah deferensiasi. Atau barangkali juga bisa disebut sebuah inovasi pada produk. Jika sebagian besar atau pada umumnya pecel lele itu selalu di goreng dan disajikan dengan secobek sambal, maka Pecel Lele Lela lain dari pada yang lain. Pecel lele ini dikombinasikan dan diberi inovasi dalam penyajiannya. Ada yang digoreng dengan tepung. Ada yang dimasak dengan saus rica-rica. Ada yang dibalur dengan sambal hijau yang nikmat. Dan lain sebagainya. Inilah yang menjadi daya tarik dari Pecel Lele Lela.

Sesuai dengan penjabaran diatas, strategi yang dipakai oleh UKM Pecel Lele Lela adalah alternatif strategi ketiga yaitu strategi produk baru, backward invention, karena Pecel Lele Lela menyajikan produk pecel lele dengan inovasi yang baru (berbeda dengan warung pecel lele lainnya). Disamping itu Pecel Lele Lela juga menyajikan produk pecel lele pada umumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemasaran Global "PT. Telekomunikasi Indonesia"

Sejarah Perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia. Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (“TELKOM”, ”Perseroan”, “Perusahaan”, atau “Kami”) merupakan Badan Usaha Milik Negara dan penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon kabel tidak bergerak (fixed wireline) dan telepon nirkabel tidak bergerak (fixed wireless), layangan telepon seluler, data dan internet, serta jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan. Untuk menjawab tantangan yang terus berkembang di industri telekomunikasi dalam negeri maupun di tingkat global, kami bertekad melakukan transformasi secara fundamental dan menyeluruh di seluruh lini bisnis yang mencakup transformasi bisnis dan portofolio, transformasi infrastruktur dan sistem, transformasi organisasi dan sumber daya manusia serta transformasi budaya. Pelaksanaan transformasi ini dilakukan dalam rangka mendukung upaya diversifikasi...

Whistle Blowing

§   WHISTLE BLOWING Whistle blowing adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau beberapa orang karyawan untuk membocorkan kecurangan entah yang dilakukan oleh perusahaan atau atasannya kepada pihak lain. Pihak yang dilapori itu bisa saja atasan yang lebih tinggi atau masyarakat luas. Rahasia perusahaan adalah sesuatu yang konfidensial dan memang harus dirahasiakan, dan pada umumnya tidak menyangkut efek yang merugikan apa pun bagi pihak lain, entah itu masyarakat atau perusahaan lain. Whistle blowing umumnya menyangkut kecurangan tertentu yang merugikan baik perusahaan sendiri maupun pihak lain, dan kalau dibongkar memang akan mempunyai dampak yang merugikan perusahaan, paling kurang merusak nama baik perusahaan tersebut. Contoh whistle blowing adalah tindakan seorang karyawan yang melaporkan penyimpangan keuangan perusahaan. Penyimpangan ini dilaporkan pada pihak direksi atau komisaris. Atau kecurangan perusahaan yang membuang limbah industri ke sungai. Ada dua ...