Pertanyaan :
1.
Jelaskan yang dimaksud
Manajemen Pemasaran Internasional! Berikan contohnya!
2. Jelaskan seberapa penting
peranan budaya dalam pemasaran global! Berikan contohnya!
3. Perencanaan strategis apa yang
cocok untuk UKM dalam menghadapi tantangan pasar global?
4.
Tahap-tahap menjadi pemasar
Internasional!
5.
Pengaruh E-marketing pada
pemasaran global!
Jawaban :
1. Kegiatan Pemasaran yang melewati batas-batas lebih
dari satu negara. Pemasaran Internasional merupakan penerapan konsep, prinsip,
aktivitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang
atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai negara.
Contoh : PT. Indofood yang produk
Indomie-nya sudah memasuki pasar internasional yakni negara-negara seperti
Belanda, Singapura, Australia, dan Malaysia.
2. Pemasar Internasional harus
mengetahui pengaruh budaya dan harus menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan
yang akan dihadapi akibat adanya aspek budaya ini. Hal ini karena setiap daerah
dan batas wilayah memiliki budaya yang berbeda-beda. Sehingga dalam membuat
produk, budaya merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi karakteristik
produk tersebut.
Hal ini juga didasarkan pada perilaku pembelian dan kebutuhan konsumen didorong oleh norma-norma budaya.
Latar belakang budaya juga mempengaruhi konsumen dalam mengolah informasi dan
faktor yang memotivasi konsumen dalam melakukan pembelian. Perusahaan yang
melakukan bisnis global berarti berhubungan dengan konsumen, mitra strategis,
distributor dan pesaing dengan pola pikir budaya yang berbeda.
Contoh : Bagaimana McDonald menyesuaikan budaya makan di setiap-setiap
negara sehingga, McDonald menyesuaikan menu yang ada di gerai-gerai mereka
dengan budaya makan di negara tertentu.
3. Perencanaan strategis yang tepat dan cocok untuk
dilakukan oleh UKM atau perusahaan kecil menengah di Indonesia dalam menghadapi
tantangan pasar global adalah investasi untuk tumbuh (invest to grow ),
dimana merupakan sebuah strategi pasar yang offensive untuk menginvestasikan
sumber daya pemasaran untuk pengembangan pasar atau posisi produk dipasaran.
Dalam menghadapi tantangan global, UKM atau perusahaan kecil/sedang berkembang,
seharusnya menganalisis beberapa faktor yang dapat meningkatkan keunggulan
kompetitif produknya di pasaran, yaitu ditinjau dari segi diferensiasi produk
dan pasar, keunggulan biaya serta keunggulan pemasaran.
Beberapa faktor utama
yang membentuk keunggulan kompetitif dari suatu bisnis, antara lain:
Keunggulan
diferensiasi pasar, yang meliputi peningkatan kualitas produk, pelayanan, dan
brand image.
Intensitas
persaingan pasar, yang meliputi biaya unit, biaya transaksi serta pengeluaran
pemasaran.
Akses
pasar, yang meliputi pangsa pasar, penghargaan, merek dan distribusi.
Dengan memperhatikan
faktor-faktor tersebut, perusahaan dapat bertahan dan secara perlahan akan
terus berkembang dan dapat memantapkan posisinya dalam persaingan pasar.
4.
1. No
Foreign Marketing
Perusahaan
sudah berhubungan dengan dunia Internasional tetapi bukan karena inisiatif atau
belum ada usaha sendiri untuk memasarkan ke pasar luar negeri. Produk
perusahaan beredar di pasar Internasional karena pesanan dari luar negeri, pelanggan
asing datang ke perusahaan, atau atas usaha eksportir.
2. Infrequent Foreign
Marketing
Perusahaan
mulai memasarkan sendiri ke pasar luar negeri tetapi jika hanya mempunyai
surplus produksi. Apabila pasar domestik masih mampu menanganinya, kegiatan ini
akan ditinggalkan. Pada tahap ini belum ada penyesuaian organisasi maupun
produknya untuk pasar Internasional.
3. Reguler Foreign Marketing
Produsen
sudah mempunyai perencanaan untuk memasarkan produknya ke pasar asing melalui
penyalur domestik atau distributor asing. Tujuannya untuk melakukan ekspansi
pasar domestik dan sudah mulai berusaha untuk memahami kebutuhan maupun
keinginan pasar Internasional.
4. Global Marketing Operations
Pada
phase ini, produsen benar-benar telah terlibat dengan dunia Internasional
secara global. Kegiatannya tidak hanya sebatas pemasaran saja, tetapi sudah
merencanakan operasional produksi maupun organisasi bersaing di pasar dunia.
5. Perkembangan teknologi canggih saat ini sangatlah banyak
merubah paradigma pemasaran, dimana dengan media eletronik ini pemasaran sebuah
produk dapat dengan mudah dan cepat, salah satu alasannya adalah internet online selama 24 jam.
Melalui internet juga
pemasaran sebuah produk mempunyai kelebihan yaitu:
1. Siap Sedia 24 jam
(online).
2. Menjangkau pangsa
pasar dengan target yang cukup luas.
3. Cost yang lebih
kecil.
4. sebagai ajang
promosi bisnis di masa depan.
5. Mempermudah
membangun hubungan baik dengan pelanggan.
6. Mengangkat citra
bisnis.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar